blog yang berisi tentang berita lukisan dan tutorial blogger

seni karikatur Jia Xiang Hometown

seni karikatur pecinan glodok

Jie Xiang - Jakarta pusat, yang berada di kawasan Pecinan Glodok, kamu bisa mengunjungi puluhan lukisan karikatur yang berjejer sekaligus akan memanjakan anda di sepanjang trotoar jalan pintu besar selatan.

Dan Surono (30) salasatu pelukis karikatur jalanan di kawasan Pecinan Glodok. Warga Pasar Ikan ini sudah sembilan tahun menjajakan keahlian melukisnya di kawasan itu.  Saat ditemui Jia Xiang Hometown, Jumat tanggal 6-9-2013 “kemampuan melukis dimilikinya dengan belajar secara otodidak.” Ujar Surono

Surono mengatakan bahwa “Sudah bakat saya melukis secara otodidak aja, pernah sih masuk sanggar waktu tinggal di Purwokerto, buat mendalami seni lukis."

Warga Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat ini mengaku sudah 15 tahun menjalani profesi sebagai pelukis jalanan di Pecinan Glodok. "Sejak SD saya suka melukis, setelah tamat SMP saya mendalami seni lukis di sekolah kejuruan lukis, ya setara sama STM atau SMA," ujar Kamijan (50).

Di sepanjang trotoar jalan yang masuk dalam kawasan Pecinan Glodok ini  berkumpul puluhan seniman lukis karikatur menjajakan keahlianya. Setiap pelukis punya tempat lapak sendiri. Bagi warga yang ingin dilukis, biasanya harus menyerahkan foto sebagai contoh materi lukisan.

Lukisan karikatur dibuat menggunakan serbuk cat khusus, bukan cat cair atau cat minyak. Satu lukisan dibanrol dengan harga bervariasi antara Rp 50.000  hingga Rp 450.000. Biasanya satu lukisan bisa diselesaikan selama dua atau tiga hari, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan lukisan.



Adsense Bawah
TOP