Raden Saleh Sjarif Boestaman (1807
atau 1811 - April 23, 1880) adalah salah satu yang terbaik pelukis terkenal
dari Indonesia dan sekaligus pelopor seni rupa modern di Indonesia.
Dia dianggap yang pertama seniman modern dari Hindia Belanda (sekarang Indonesia), dan lukisannya berhubungan dengan romantisme abad kesembilan belas yang populer di Eropa pada saat itu. Dia juga mengungkapkan akar budaya dan keahlian dalam karyanya.
Raden Saleh dilahirkan dalam sebuah keluarga Jawa yang mulia. Dia adalah cucu dari Sayyid Abdullah Bustaman di sisi ibunya. Ayahnya adalah Sayyid Husen bin Alwi bin Awal bin Yahya, seorang Indonesia keturunan Arab.
Dia dianggap yang pertama seniman modern dari Hindia Belanda (sekarang Indonesia), dan lukisannya berhubungan dengan romantisme abad kesembilan belas yang populer di Eropa pada saat itu. Dia juga mengungkapkan akar budaya dan keahlian dalam karyanya.
Raden Saleh dilahirkan dalam sebuah keluarga Jawa yang mulia. Dia adalah cucu dari Sayyid Abdullah Bustaman di sisi ibunya. Ayahnya adalah Sayyid Husen bin Alwi bin Awal bin Yahya, seorang Indonesia keturunan Arab.
Persinggahan Eropa
Muda Raden Saleh pertama kali
diajarkan di Bogor oleh seniman Belgia AJ Payen. Payen mengakui bakat
pemuda, dan membujuk pemerintah kolonial Belanda untuk mengirim Raden Saleh ke
Belanda untuk belajar seni. Ia tiba di Eropa pada tahun 1829 dan mulai
belajar di bawah bimbingan Cornelius Kruseman dan Andries Schelfhout.
Itu dari Kruseman bahwa Raden Saleh mempelajari keterampilan dalam potret, dan kemudian diterima diberbagai istana di Eropa di mana dia ditugaskan untuk melakukan potret. Sementara di Eropa, pada 1836 Saleh menjadi orang Indonesia pribumi pertama yang diinisiasi ke Freemasonry Freemasonry di Indonesia. Dari 1839, ia menghabiskan lima tahun di istana Ernst I, Grand Duke of Saxe-Coburg-Gotha, yang menjadi patron penting.
Dari Schelfhout, Raden Saleh ditindaklanjuti keahliannya sebagai pelukis pemandangan. Raden Saleh mengunjungi beberapa kota di Eropa, serta Algiers. Di Den Haag, seorang penjinak singa mengijinkan Raden Saleh mempelajari singanya, dan dari lukisan paling terkenal dari perkelahian hewan diciptakan, yang kemudian membawa ketenaran untuk artis.
Banyak lukisannya dipamerkan di Rijksmuseum di Amsterdam. Beberapa lukisannya hancur ketika Kolonial Belanda paviliun di Paris dibakar pada tahun 1931.
Itu dari Kruseman bahwa Raden Saleh mempelajari keterampilan dalam potret, dan kemudian diterima diberbagai istana di Eropa di mana dia ditugaskan untuk melakukan potret. Sementara di Eropa, pada 1836 Saleh menjadi orang Indonesia pribumi pertama yang diinisiasi ke Freemasonry Freemasonry di Indonesia. Dari 1839, ia menghabiskan lima tahun di istana Ernst I, Grand Duke of Saxe-Coburg-Gotha, yang menjadi patron penting.
Dari Schelfhout, Raden Saleh ditindaklanjuti keahliannya sebagai pelukis pemandangan. Raden Saleh mengunjungi beberapa kota di Eropa, serta Algiers. Di Den Haag, seorang penjinak singa mengijinkan Raden Saleh mempelajari singanya, dan dari lukisan paling terkenal dari perkelahian hewan diciptakan, yang kemudian membawa ketenaran untuk artis.
Banyak lukisannya dipamerkan di Rijksmuseum di Amsterdam. Beberapa lukisannya hancur ketika Kolonial Belanda paviliun di Paris dibakar pada tahun 1931.
Kembali
Artis kembali ke Indonesia pada 1851
setelah tinggal di Eropa selama 20 tahun. Di sini, ia bekerja sebagai
konservator untuk koleksi seni kolonial pemerintah. Dia terus melukis
potret aristokrasi Jawa, dan banyak lagi lukisan lansekap. Dia meninggal
pada tahun 1880, setelah kembali dari kedua tinggal di Eropa.
Diponegoro
Salah satu lukisan Raden Saleh yang
mendapatkan popularitas untuk nilai sejarah adalah 'Penangkapan Pangeran
Diponegoro', yang menggambarkan pengkhianatan terkenal oleh pemerintah kolonial
pangeran Jawa yang terkenal. Itu kembali ke Indonesia dari Belanda
kerajaan Istana pada tahun 1978. Saat ini ditampilkan di Istana Presiden Museum
di Jakarta.
Dalam lukisan itu, Raden Saleh dikatakan untuk menunjukkan pandangannya terhadap pemerintah kolonial dengan sengaja membuat tampilan Belanda sombong dan bangga, tapi entah bagaimana tidak seimbang.Orang Jawa, di sisi lain, yang digambarkan sebagai entah bagaimana lebih seimbang dalam komposisi. Hal ini juga percaya [bahwa salah satu tokoh Jawa di lukisan itu adalah potret diri.
Antropolog dan sejarawan Jerman Werner Kraus menulis sebuah buku berjudul "Raden Saleh-Awal Modern Painting Indonesia" (Afterhours Books, 2012), tersedia dalam bahasa Inggris, Indonesia dan Jerman setelah melakukan bertahun-tahun penelitian yang luas, seperti yang dibahas dalam Jakarta Globe 14 Desember, 2012, hal. 25.
Dalam lukisan itu, Raden Saleh dikatakan untuk menunjukkan pandangannya terhadap pemerintah kolonial dengan sengaja membuat tampilan Belanda sombong dan bangga, tapi entah bagaimana tidak seimbang.Orang Jawa, di sisi lain, yang digambarkan sebagai entah bagaimana lebih seimbang dalam komposisi. Hal ini juga percaya [bahwa salah satu tokoh Jawa di lukisan itu adalah potret diri.
Antropolog dan sejarawan Jerman Werner Kraus menulis sebuah buku berjudul "Raden Saleh-Awal Modern Painting Indonesia" (Afterhours Books, 2012), tersedia dalam bahasa Inggris, Indonesia dan Jerman setelah melakukan bertahun-tahun penelitian yang luas, seperti yang dibahas dalam Jakarta Globe 14 Desember, 2012, hal. 25.
barikut adalah beberapa hasil karya Raden Saleh Sjarif Boestaman
0 komentar