blog yang berisi tentang berita lukisan dan tutorial blogger

seni karikatur jalanan

karikaturis jalanan
Jakarta_ Ada nama unik di Jalan Kesenian kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat tepat diseberang Gedung Kesenian Jakarta. Terdapat deretan kios lukisan yang hampir semuanya memajang lukisan karikatur. Kabarnya komunitas ini sudah ada sejak tahun delapan puluhan silam.

Lokasi ini merupakan relokasi dari tempat sebelumnya di pinggiran kali depan Pasar Baru. Salah satu yang masih bertahan adalah Suwito. Yang unik dari lelaki empat puluh dua tahun ini adalah spesialisasinya melukis karikatur politik.

karikaturis jalanan
Karikatur  kadang membuat orang tersenyum, tak terkecuali bila berbagai issue - issue politik ditampilkan melalui goresan karikatur. Hal inilah yang ditekuni sejumlah pembuat lukisan karikatur di kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat. Yang tidak hanya menerima pesanan membuat karikatur wajah, tetapi juga mengekspresikan ungkapan cerminan politik.

karikaturis jalananMenurutnya melukis karikatur seperti ini adalah bagian kegemarannya mengikuti perkembangan issue politik nasional maupun dunia. Lukisan ini contohnya, dibuat jauh sebelum Susilo Bambang Yudoyono di elu - elukan orang.

Suwito seolah tidak peduli, apakah ada orang yang mau mempunyai lukisannya atau tidak ?  Ia akan tetap melukis. Namun menurut Suwito, kadang ada saja yang mau membeli mulai dari kalangan pejabat, departemen, jenderal hingga para menteri. 




Adsense Bawah
TOP