blog yang berisi tentang berita lukisan dan tutorial blogger

UNNES, Menggelar pameran lukisan Singo Barong di Demak

pameran lukisan Singo Barong

Telah digelar pameran di lantai 1 Rektorat Universitas Negri Semarang (UNNES) Kampus Sekaran Gunungpati, dengan menceritakan karya seni yang terkenal yaitu seni Barong. Rabu – Jumat, (15/17/1). Karya tersebut merupakan pameran tunggal salah satu mahasiswa Program Studi Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Unnes, Syaifudin.

Pada kejuaraan tersebut mahasiswa yang mendapat juara satu dalam lomba poster 2013, dia merasa terilhami dengan adanya seni Barong yang berada di Kabupaten Demak, “kesenian langka yang biasanya ditampilkan saat suronan, gebreg kesunanan idul adha, dan sedekah bumi ini masih layak menjadi tontonan sekaligus tuntunan, “kata syaifudin

Di Kabupaten yang terkenal dengan sebutan Kota Wali ini, ada sekitar puluhan paguyuban seni barong yang saat ini masih nguri-nguri kesenian langka itu. “Kalau bukan kaum muda yang nguri-nguri budaya itu, siapa lagi?,” ujar mahasiswa yang mendambakan gedung khusus untuk memamerkan karya-karya mahasiswa.

Tidak hanya lukisan yang menjadi inti dalam pagelaran tersebut, tetapi pada saat pembukaan pameran bertema dimensi sakral singo barong kota wali itu juga disuguhkan video tentang singo barong kota wali.

Pengunjung juga langsung diajak merasakan suasana mistis pada pertunjukan itu, “Percaya ngga percaya itu memang hasil karya mahasiswa Unnes. Saya merasa luar biasa apalagi ada beberapa lukisan yang menggambarkan imajinasi dirinya sendiri,  hasratnya besar sekali memberikan tumpahan seninya pada lukisan yang menggambarkan sesuatu yang agung,” kata  Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi saat menghadiri pameran itu.




Adsense Bawah

0 komentar




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

Cancel Reply
TOP