blog yang berisi tentang berita lukisan dan tutorial blogger

Lukisan murah berharga mahal

Potret lukisan Van Dyck

Berawal dari keinginannya membeli sebuah lonceng untuk sebuah gereja yang baru, Pendeta Jamie MacLeod yang mengelola sebuah rumah jompo di Derbyshire, pertama kali membawa karya seni itu ke gereja Newstead Abbey, di Nottinghamshire pada 2012.

Lukisan yang disangka harganya sangat murah, ternyata lukisan itu hasil karya dari seorang maestro (keturunan Belgia-Belanda). Terungkapnya lukisan tersebut memang tidak di sengaja, saat acara penjualan lukisan itu tengah diliput wartawan.

Pendeta Jamie MacLeod adalah seorang pengelola sebuah panti jompo di Derbyshire, Inggris. Beberapa tahun lalu, ia membelli sebuah lukisan di sebuah toko barang antik. Karena memerlukan dana untuk membeli sebuah lonceng gereja yang baru, Pendeta MacLeod akan menjual lukisan itu.

Lukisan yang menggambarkan potret seorang hakim di Belgia, itu akan dijual seharga 400 poundsterling atau Rp 8 juta. Penjualan lukisan dilakukan dalam acara Antiques Roadshow BBC di  Kota Gloucestershire pada Juni lalu.

Dan di acara itu seorang pembawa acara BBC, Fiona Bruce, mewawancarai Pendela MacLeod. Ia didampingi oleh seorang pakar lukisan Anthony van Dyck, yaitu Philip Mould.
Setelah diteliti oleh Philip Mould, ternyata lukisan itu asli karya maestro Anthony van Dyck. Sesudah direstorasi, lukisan itu diverifikasi oleh Dr Christopher Brown, salah satu otoritas dunia atas karya-karya Anthony van Dyck.

Anthony Van Dyck (1599-1641) adalah seorang seniman baroque Flemis (keturunan Belanda-Belgia). Ia menjadi pelukis nomor satu di Inggris pada Abad ke-17. Ia sering melukis keluarga kerajaan. Lukisannya yang terkenal adalah lukisan Charles I of England.

BBC bercerita Senin (30/12), lukisan potret Anthony van Dyck adalah lukisan mahal. Tepatnya, seharga 400.000 poundsterling atau Rp 8 miliar. Artinya, harga lukisan milik Pendeka MacLeod itu sekitar 1.000 kali nilai awalnya. Jelas saja Pendeta MacLeod senang.



sumber: http://www.berani.co.id/news/15/1011910/lukisan-murah-ternyata-berharga-mahal
Adsense Bawah

0 komentar




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

Cancel Reply
TOP