blog yang berisi tentang berita lukisan dan tutorial blogger

Arti Kaligerafi


Dalam bahasa Yunani kaligerafi memiliki arti yaitu keindahan dan menulis. Lain halnya dengan Jepang yang memiliki arti Ningoho yang mempunyai arti seni melukis dengan indah dengan menggunakan pena sebagai hiasan. Dalam seni rupa islam, seni tulisan arab sangat sering dibuat kaligerafi. Isinya di sadur dari ayat-ayat Al-Quran. Dan bentuknya sangat bermacam-macam, tidak selalu pena di atas kertas sering di tatahkan di atas logam, kulit, batu dan lainnya.
Kata kaligerafi berasal dari bahasa Yunani. καλλι (kallos) berarti indah dan γραφος (graphẽ) yang artinya tulisan.

Kaligrafi dalam bahasa kita sering diasosiasikan terhadap tulisan Arab. Padahal tidak. Semua tulisan tangan yang indah bisa disebut dengan kaligrafi. Mungkin karena bahasa indonesia yang tidak mempunyai keaksaraan yang kuat, sehingga tulisan indah dalam bahasa Indonesia hampir tidak ada (tulisan memang ada, tetapi tidak mementingkan unsur keindahan aksara).

Semenjak ditemukan kertas sebagai media, kaligrafi berkembang pesat. Di Tiongkok misalnya, budaya menulis kaligrafi menjadi sebagai ciri khas para terpelajar. Begitu juga di Jepang dan Eropa. Kaligrafi mengiringi kecermelangan ilmu pengetahuan saat itu. Dengan bermodalkan sebuah kwas dan tinta, para sarjana di Tiongkok menorehkan puisi ke selembar kertas. Catatan-catatan penting di zaman Renaissance juga ditorehkan di dalam sebuah buku.



Adsense Bawah

0 komentar




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

Cancel Reply
TOP