blog yang berisi tentang berita lukisan dan tutorial blogger

3 lukisan termahal dunia

Lukisan adalah seni rupa yang diminati oleh banyak kalangan di dunia, lukisan berkembang dari masa ke masa, bahkan ada lukisan yang bertahan selama puluhan atau bahkan ratusan tahun lamanya dan tetap di minati oleh semua kalangan dari anak-anak sampai yang tua pun banyak yang masih masih berminat pada sebuah lukisan.
Dan dari lukisan yang mampu bertahan adalah lukisan Leonardo Da Vinci.  Dan dibalik lukisannya banyak menyimpan makna dan tidak jarang membuat mereka yang hobi seni sampai rela mengeluarkan kocek yang cukup banyak.
Dan diantara 3 lukisan-lukisan yang termahal di dunia adalah:

1. “no 5. 1948” karya Jackson Pollock
Lukisan ini adalah sebuah lukisan karya Jackson Pollock, seorang pelukis Amerika yang dinkenal berkonstribusi pada gerakan ekspresionis abstrak. Ekspresionisme abstrak adalah gerkan seni pasca perang dunia dua di Amerika Serikat. Gerakan ini merupakan gerakan Amerika pertama yang memiliki pengaruh di seluruh dunia dan menempatkan new york city sebagai pusat dunia seni barat setelah sebelumnya di duduki paris.
Lukisan no . 1948 ini berukuran 8’x4’ dari papan serat, dengan goresan cat coklat dan kuning drizzled di atasnya.membentuk penampilan seperti sarang burung. Pada awalnya lukisan ini memiliki oleh Samuel Newhouse Irving, Jr dan ditampilkan di moseum of modern Art sebelum di jual kepada Davidd Gefen, pendiri Geffen Records dan pendiri Dreamworks SKG. Kemudian terjadin polemik penjualan lukisan antara Dafid Geffen yang di duga telah menjual lukisan pada David Martinez pada 2 Nopember 2006. Penjualan yang di tengahi oleh balain lelang Sotheby ini meraup angka fantantis yaitu 155.300.000 Dollar Amerika dan menjadikannya sebagai lukisan termahal dunia.

2. Womanlll” karya Willem de kooning.
Gambar di atas adalah lukisan karya pelukis abstrak ekspresionis Willem de kooning. Dan Willlem juga termasuk dalam kategori Action Painter, meskipun ia tidak sepenuhnya meninggalka figur. Dengan hal ini ia berbeda dengan pelukis abstrak Ekpressionisme yang lain. Namun ia juga menggunakan gerakan energetik sepertihalnya pelukis abstrak ekspresionis terkenal, Pollock dan Kline. Selama tahun 1950-an, de kooning mengerjakan serangkaian lukisan abstrak dengan tema wanita, Women series. Goresan kuasnya yang kuat dan sreta cepat serta warna yangcemerlang mengungkapkan rasa kebuasan (keganasan). Makna sesungguhnya dari objek wainita ini belum pernah di jelaskan sepenuhnya.
 Dan dari seri lukisan de kooning yang di buat antara tahun1951 dan 1953 dimana tema sentral keseluruhannya adalah seorang wanita. Lukisan berukuran 1,7 m x 1,2 m ini diselesaikan de kooning pada tahun 1953.tahun 70-an sampai 1994, lukisan ini merupakan bagan dari koleksi moseum seni kotemporer teheran. Setelah revolusi tahun 1979, lukisan ini tidak dapat di tampilkan karna aturan ketat yang diterapkan pemerintah tentang seni visual yang bersipat vulgar. Pada tahun 1994, lukisan ini diam-diam diperdagangkan oleh Thomas Ammann Fine Art pada David geffen untuk pelestarian sisa naskah persia pada abad ke-16, Tahmasbi Shahnameh , pada bulan November 2006. Lukisan itu di jual oleh Geffen kepada Miliarder Steven A.Cohen.
Harga lukisan tersebut saat ini adalah 152.500.000 Dollar Amerika.

3.Portraitof Adele Bloch_Bauer karya Gustav Klimt
Pada tahun 2006, lukisan ini di jual pertama kali dengan harga US $ 148,7 Juta kepada Ronald Lauder untuk di pajang di neue Galerie miliknya di new york city. Lukisan ini berukuran sekitar 138 x 138 cm ini terbuat dai minyak dan emas pada kanvas, yang neunjukan ornamentasi yang rumit dan konpleks seperti yang terlihat dalam gaya Jugendstil.Klimt adalah anggota Vienna Secession, sekelompok seniman yang memisahkan diri dari cara tradisional lukisan.
Gambar lukisan ini dilukis di Wina atas permintaan pengusaha Ferdinand Bloch-Bauer. Yang menjadi modelnya, tak lain adalah istri Ferdinand Bauer sendiri, Adele Bloch_Bauer. Adele menjadi satu-satunya yang dilukis dua kali oleh Klimt pada tahun 1912. Di akhir hidupnya Adele Bauer, meminta suaminya untuk menyumbangkan lukisan Klimt ke galeri negara Austria pada saat kematiannya tahun 1925. Ketika Nazi mengambil alih Austria, Ferdinand melarikan diri ke Swiss. Kekayaan miliknya, termasuk lukisan Klimt, di sita oleh Nazi, pada tahun 1945, pada sebuah wasiat, Ferdinand Bloch_Bauer menyebutkan keponakannya Maria Altmann, sebagai pewaris kekayaannya yang menandai polemik yang sah atas lukisan tersebut.


http://puncakdunia.com/3-lukisan-termahal!di-dunia.php
Adsense Bawah

0 komentar




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

Cancel Reply
TOP